Google Tegaskan HTTPS Kini Menjadi Salah Satu Sinyal Rangking Sebuah Website

HTTPS atau Hypertext Transfer Protocol Secure merupakan salah satu protokol untuk komunikasi data berbasis web antara pengguna dan web itu sendiri menggunakan protokol SSL (Secure Socket layer) atau TLS (Transport Layer Security). Data yang terkirim akan terenkripsi sehingga lebih terlindungi dari sabotase pihak lain namun perlu diingat bahwa penggunaan SSL tidak serta merta membuat web aman dari serangan karena sekali lagi bahwa SSL hanya melindungi data selama proses pengiriman dari pengguna ke Web. Data yang telah masuk akan aman sangat bergantung pada keamanan situs yang bersangkutan karena hingga kini banyak orang yang masih menganggap bahwa dengan menggunakan SSL web mereka akan aman dari pencurian data yang tersimpan dalam database. Sekali lagi SSL hanya mengamankan data selama data tersebut dikirim dari pengguna (terenkripsi) seperti contoh pembayaran online dengan menggunakan kartu kredit maupun pengisian form lainnya. Data-data kartu kredit yang tersimpan di database bisa saja disabotase pihak lain jika ada celah atau bug yang belum di-patch oleh adminnya.

diagram enkripsi ssl
Diagram enkripsi SSL

Selain untuk mengekripsi data, pada 6 Agustus 2014 Google melalui Online Security Blog telah menegaskan bahwa penggunaan protokol https pada sebuah website akan mempengaruhi posisi dimesin pencari miliknya meskipun masih bersifat “minor rangking signal” namun ada baiknya para pemilik website mulai melirik penggunaan SSL apalagi untuk sebuah Toko Online. Masih banyak Toko Online di Indonesia yang belum migrasi dari http ke https padahal Google secara tegas menghimbau agar segera melakukan migrasi agar komunkasi data antara pengguna dan penyedia Toko Online (e-commerce) lebih aman. Namun perlu diingat bahwa meskipun sudah menggunakan sertifikat SSL maka website anda akan memiliki posisi yang bagus (SERP) pada mesin pencari karena masih ada faktor penentu lainnya diantaranya adalah konten berkualitas serta backlink dari website yang memiliki score DA (Domain Authority) tinggi serta setopik pula dengan niche website anda.

For these reasons, over the past few months we’ve been running tests taking into account whether sites use secure, encrypted connections as a signal in our search ranking algorithms. We’ve seen positive results, so we’re starting to use HTTPS as a ranking signal. For now it's only a very lightweight signal—affecting fewer than 1% of global queries, and carrying less weight than other signals such as high-quality content—while we give webmasters time to switch to HTTPS. But over time, we may decide to strengthen it, because we’d like to encourage all website owners to switch from HTTP to HTTPS to keep everyone safe on the web.

Keamanan dan Kenyamanan User Jadi Prioritas Utama Google

Sejak era Web 2.0 pertumbuhan website terus meningkat dimana para pengguna internet kini dengan mudah untuk memiliki sebuah website bahkan tanpa dibungut biaya sepeserpun oleh penyedia layanan website gratis. Website yang setiap hari bermunculan seperti jamur memang harus diseleksi oleh Google selaku perusahaan raksasa mesin pencari maka dibuatlah algoritma untuk mem-filter website-website yang tidak berkualitas masuk kedalam pencarian pada kata kunci tertentu. Dimulai dari Algoritma Panda, Hummingbird hingga Pigeon memang telah memberikan dampak yang luar biasa dimana saat ini kita lebih disajikan web-web berkualitas ketika sedang mencari tutorial maupun referensi disitus Google. Namun Google masih terus mempertimbangkan beberapa aspek maka kini mereka kembali menegaskan bahwa sebaiknya website menggunakan protokol https dibandingkan http.

SEO (Search Engine Optimization) memang banyak sekali parameternya dan tidak cukup dengan teori saja namun diperlukan sebuah praktet (Action) agar kita mengetahui apa yang disukai oleh mesin pencari.  Perubahan demi perubahan terus dilakukan oleh Google melalui Algoritmanya yang semuanya bertujuan agar para pengguna akan lebih nyaman menggunakan layanan mereka seperti mesin pencari. Bagi para pelaku internet marketing tentu saja menjadi tantangan sendiri untuk menaikkan sebuah website pada kata kunci tertentu sekaligus mempertahankannya ditengah persaingan ketat diantara para pelaku SEO namun jangan lupa untuk selalu mematuhi TOS (Term of Services) yang tertera pada Google Webmaster Tools. Bagi anda yang ingin mengatifkan SSL pada website dan memiliki Cpanel bisa mengikuti langkah-langkah untuk mengatifkan SSL pada Cpanel yang ada pada situs SEO Jakarta.

Related Posts: