Bangun Komunitas Bisnis Anda Melalui Sosial Media Dengan Facebook Fan Page

Sosial media kini menjadi salah satu media untuk mempertemukan banyak orang dari seluruh belahan dunia melalui internet.  Bermula dari ide kecil dimana ruang lingkupnya hanya untuk penggunaan dikalangan internal mahasiswa Universitas Harvard saja, Zuckerberg kemudian terus mengembangkannya untuk tujuan komersial hingga saat ini. Sesuatu yang besar berawal dari yang kecil mengiringi perjalanan Facebook dimana awal peluncurannya berhasil menggeser popularitas Friendster.com saat itu yang target audience ataupun penggunanya kebanyakan dari kaum muda. Kekurangan ataupun fitur yang tak dipunyai oleh Friendster justru menjadi kelebihan Facebook sehingga para pengguna internet secara beramai-ramai eksodus ke Facebook sehingga membuat karya Zuckerberg ini menjadi sangat populer bahkan Google sekalipun sebagai raksasa mesin pencari terus berusaha untuk mengurangi dominasi Facebook dengan beberapa layanan media sosial terbaru.

Artikel terkait : Facebook Ungguli Layanan Sosial Media

Secara pribadi saya adalah pengguna aktif Facebook dan menurut hemat saya Facebook memiliki banyak kelebihan diantaranya adalah UI (User Interface) yang mudah digunakan oleh semua orang bahkan bagi mereka yang ada bakat “narsis” maka FB bisa menjadi satu media untuk menyalurkan hobi penyakitnya tersebut. Fitur menarik lainnya ada Game dimana seseorang bisa menghabiskan waktu untuk bermain game via desktopnya masing-masing. Bahkan seorang developer dapat membuat sebuah aplikasi tertentu yang bisa diintegrasikan dengan sebuah situs atau weblog. Dari sekian banyak kelebihan maka tak heran jika FB kini menempati posisi runner-up dengan pengunjung terbanyak berdasarkan ranking dari situs Alexa.com.. Bagi mereka yang masih bingung, peringkat sebuah website pada Alexa.com itu berbeda dengan Google.com dimana Google melihat popularitas sebuah website berdasarkan 200 lebih faktor yang menjadi parameter perhitungannya sedang Alexa berdasarkan traffic atau jumlah pengunjung selama website tersebut eksis atau dengan kata lain Online.

pengguna facebook fan page

Tak hanya sebagai ajang untuk meningkatkan rasa percaya diri (asal jangan bablas nanti dibilang narsis), Facebook juga digunakan sebagai sebuah media untuk berinteraksi dengan client dari sebuah perusahaan maupun para fans jika anda adalah seorang public figure ataupun politikus hebat. Facebook Fan page miliki salah seorang calon presiden kali lalu yakni Bapak Prabowo Subianto menempati urutan kedua dengan jumlah fans terbanyak diikuti oleh Bapak SBY.

Facebook Fan Page Bagus Untuk Membangun Sebuah Komunitas

Sejak publik mulai menggunakan Facebook sebagai satu-satunya akun sosial media yang mereka miliki maka berbagai institusi maupun perusahaan-perusahan dari yang skala besar hingga kecil berlomba-lomba membangun komunias mereka melalui Group ataupun Facebook page sehingga mereka akan lebih mudah menyampaikan berita, promosi maupun lainnya melalui halaman yang khusus diperuntukkan bagi para fans yang sudah dibuat sebelumnya. Semakin sering anda aktif maka peluang untuk menambah jumlah fans tentu semakin banyak namun anda harus menggunakannya dengan bijaksana dalam artian tidak sekedar hanya menulis promo setiap hari namun tulislah satu topik yang dapat menimbulkan reaksi dari target audience anda. Reaksi yang saya maksud disini tentu saja adalah reaksi positif tentunya dan itu sangat bergantung pada pemilihan topik dari anda sebagai pemilik atau admin dari halaman FB tersebut.

Meski merupakan sebuah hal sepele namun tak sedikit mereka yang gagal membangun komunitas melalui Facebook. Sebagai sebuah sosial media tentu saja aka nada interaksi antar penggunanya maka ada baiknya anda mencoba menghangatkan suasana dengan topik menarik. Hindari topik yang melecehkan seseorang maupun perusahaan lain karena dapat menimbulkan kerugian untuk anda dan brand image anda sendiri. Satu lagi hal yang perlu ditekankan disini bahwa jika anda menjadikan #sosial media maupun internet sebagai media untuk mempromosikan bisnis anda maka ada baiknya hindari mencari musuh di Internet sebab tak sedikit mereka yang gagal karena memiliki banyak musuh di Internet.

Related Posts: