Dahulukan Konten Bermanfaat dan Berkualitas Baru Backlink

Salah satu strategi dalam membangun sebuah blog bermutu serta disukai oleh mesin pencari dan audiens adalah konten yang bermanfaat. Maksudnya bermanfaat disini adalah bukan hanya sekedar membuat artikel panjang namun secara lebih dalam mengulas topik serta menggunakan tata bahasa yang baik pula. Terkadang bagi seorang blogger mereka lebih mementingkan backlink (jumlah tautan dari situs lain ke situsnya) namun tidak memperhatikan kualitas penulisan sehingga saat mesin pencari melakukan update algoritmanya maka tak sedikit blog-blog menjadi korban amukan dari algortima baru ditandai oleh menurunnya jumlah pengunjung. Hal seperti ini tentu saja menjadi boomerang bagi pemilik blog tentunya.

konten blog berkualitas

Konten yang baik adalah konten yang unik dan original maksudnya ditulis sesuai dengan ide serta kreativitas anda. Namun jika ide tersebut datangnya dari orang lain maka anda wajib memberikan tautan kepada sumber serta merubah kembali kata-kata maupun kalimat sehingga tidak sama persis dengan aslinya. Hal ini agar tidak merugikan pemilik blog dimana anda mendapat ide untuk menulis dimana akan berdampak pada SERP (Search Engine Result Page) atau posisi weblog dimesin pencari pada kaca kunci tertentu juga menjaga trust blog anda di search engine. Mesin pencari seperti Google tentu saja sangat tidak menyukai apa yang disebut “Duplicat Content” dimana akan berdampak pada pemberian penalty sehingga meskipun anda dengan susah payah mempublikasikan artikel atau konten kedalam weblognya namun posisi SERP tak sedikitpun bergerak naik.

Meskipun saat ini urusan backlink masih menjadi perdebatan dikalangan para blogger dan webmaster namun menurut hemat kami backlink masih menjadi salah satu penunjang dimana dikenal sebagai optimasi off-page namun yang perlu diingat bahwa mesin pencari lebih menyukai jenis natural backlink seperti pemberian referensi dari blog lain ke blog anda. Untuk itu sangat diperlukan untuk menjaga kualitas konten serta perlu diupdate atau dengan kata lain penambahan artikel dilakukan secara berkala, misalkan sehari 1 maupun 3 kali dalam seminggu.

Investasikan Blog Anda Dengan Konten Berkualitas

Membuat konten berkualitas dalam sebuah blog merupakan sebuah investasi. Ya, investasi yang dimaksud adalah manakala sebuah blog telah memiliki ribuan pengunjung maka andapun berkesempatan untuk me-monetize-nya dengan beberapa layanan publikasi iklan seperti Google Adsense dan lain sebagainya. Intinya adalah anda memiliki sebuah blog dengan ribuan pengunjung maka peluang anda untuk mendapatkan uang tambahan sangat besar. Sangat disayangkan jika anda yang telah mulai menekuni dunia blogging namun tidak mempelajari aspek SEO (Search Engine Optimization) sebab dengan membuat konten berkualitas anda telah mengaplikasikan salah satu bagian SEO On-page kedalam blognya.

Baca : Blogging jadi kebiasaan kawula muda

Mempelajari SEO bukanlah soal yang rumit sepanjang anda tekun, ulet, serta tidak pantang menyerah selama dalam proses pembelajaran juga menaati TOS (Term of Service) setiap search engine yang anda targetkan agar posisi keyword yang ada pada blog anda menempati posisi baik pula di mesin pencari. Perlu adanya keseimbangan antara konten dan jumlah backlink dimana backlink itu sendiri pada dasarnya ada voting terhadap konten anda. Semakin banyak backlink dengan catatat itu dibuat secara natural mungkin akan memberikan efek yang sangat baik bagi blog anda. Jika anda ingin berinvestasi melalui blog maka kami sarankan hindari hal-hal instan seperti melakukan Black Hat pada weblog anda karena metode tersebut ibaratnya enak diawal namun sakit kemudian. Mengenai Black Hat sendiri akan kami ulas di artikel berikutnya.

Related Posts: